detikBandung – Mentoring Akbar di Garasi Lombok 33

Bandung – Tanggal 12 Januari 2009 adalah batas akhir peserta lomba mading online Bandung Blog Vaganza 2008 yang digelar oleh Bandung Blog Village (BBV). Mentoring akbar bagi perserta lomba pun digelar di Garasi Lombok 33 (garasi Kantor detikbandung), Jalan Lombok No 33, Rabu (7/1/2009) sore.

Sebelum mentoring akbar, para peserta yang terdiri dari 3 orang tiap tim telah dibimbing oleh mentor yang merupakan anggota BBV. Dalam pertemuan besar yang kali kedua digelar ini, perserta yang kesemuanya adalah siswa SMA dan SMK di Bandung, terlihat dapat menyerap keseluruhan materi. Sebelumnya mereka juga mengkuti workshop di Comlabs ITB, Jalan Ganesha 10, Desember 2008.

Dalam acara yang berlangsung sejak pukul 16.00 WIB hingga menjelang pukul 20.00 WIB itu, peserta juga mendapatkan tips-tips mengelola mading dari Kepala Biro detikbandung Salomo Sihombing.

"Kegiatan yang teman-teman lakukan ini bukan semata-mata mengenai kompetis. Mengelola mading mirip dengan mengelola media massa seperti detikcom, hanya skalanya lebih kecil. Di dalamnya ada rapat redaksi, peliputan, merencanakan program liputan, menulis, penggunaan alat-alat penunjang seperti kamera, dan lainnya. Setelah mengenal hal-hal tersebut, teman-teman akan punya pengetahuan tambahan yang tidak ada di kurikulum reguler di sekolah," paparnya.

Mading online kreasi Haryo Triwardhono, Gilar Sundara dan Agung Agriza dari SMAN 20 Bandung misalnya. Mading online buatan mereka cukup menarik dari sisi tampilan dan isinya.

"Sepertinya tim SMA 20 sudah cukup mengenal wordpress. Theme yang disediakan juga sudah mereka isi dengan artikel dan gambar," puji seorang panitia.

Theme yang disediakan panitia adalah arthemia premium, karya Michael Hutagalung yang juga hadir dalam pertemuan ini. Theme yang seharusnya berbayar, diberikan gratis oleh penciptanya hanya untuk kepentingan lomba ini saja.

Menurut Haryo, dirinya tidak menemukan kesulitan yang berarti. Artikel yang ditampilkan dalam mading online tersebut mereka dapatkan dari para siswa dan guru di sekolahnya.

"Selama proses pembuatan mading online ini cukup dibantu oleh mentor. Pengenalan theme yang baru arthemia premium, thema magazine style yang dibuat oleh Michael Hutagalung," tutur Haryo penuh semangat.

Namun, Haryo juga mengaku bahwa dirinya belum puas dengan theme yang disediakan oleh panitia. Dirinya menginkan aplikasi FTP juga diinstall sehingga bebas memilih theme yang lain.

Tim-tim peserta kompetisi Bandung Blog Vaganza adalah SMAN 13, SMAN 4, SMAN 20, SMAN 15, SMA YAS, SMA BPI 1 serta SMKN 8, SMKN 12, SMKN 4 dan SMK Informatika. Karya-karya peserta dapat dilihat di blog Bandung Blog Vaganza .

"Tanggal 12 Januari ini adalah akhir penilaian. Nanti pemenang akan dihubungi lewat surat, telepon ataupun email," kata ketua panitia BBV 2008 Ihwanul Iman.

 

sumber: detikInet dan detikBandung , Kamis, 08/01/2009

 

mentoring peserta mading online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>